Sekolah
|
:
|
SLTP
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / I
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2008/2009
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami dan melakukan operasi, fungsi, persamaan garis, dan system persamaan serta menggunakanya dalam pemecahan masalah.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2 Menentukan faktor-faktor suku aljabar
|
Indikator
|
:
|
· Memfaktorkan suku aljabar sampai dengan suku ketiga
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 15 Menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan dapat memfaktorkan suku aljabar sampai dengan suku ketiga
B. Materi Pembelajaran : Faktorisasi suku aljabar
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Model : Cooperative Learning
2. Metode : a. ceramah
b. tanya jawab
c. diskusi kelompok
D. Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Kurikulum
2. Buku-buku matematika yang relevan
3. Hand Out
4. Lembar Kerja
a. Kegiatan awal
(1) Guru membuka pembelajaran dengan mengucap salam dan memimpin doa.
(2) Siswa membentuk kelompok dengan anggota kelompok masing-masing dua orang.
b. Kegiatan inti
(1) Siswa menerima lembar kerja dan mulai menjawab dengan memperhatikan penjelasan dari guru.
(2) Siswa
dan guru bertanya jawab pengertian suku, menentukan suku satu, suku dua
dan suku tiga serta pengertian factor suku aljabar.
(3) Guru menjelaskan tentang cara memfaktorkan suku satu, suku dua dan suku tiga.
c. Kegiatan akhir
(1) Siswa mengumpulkan lembar kerja
(2) Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang syarat-syarat memfaktorkan suku satu, suku dua dan suku tiga.
F. Penilaian
1. Jenis tagihan : Tugas kelompok
2. Bentuk instrument : Tes tertulis
3. Contoh instrument :
Seperti
telah kita pelajari, bahwa bilangan atau variabel yang dapat membagi
tepat satu bentuk aljabar di sebut (a)………………. Cara memfaktorkan suatu
bentuk aljabar adalah menyatakan bentuk aljabar kedalam bentuk
(b)……………… Untuk memfaktorkan suku dua dari bentuk aljabar maka kita
harus menentukan (c)……………… dari bentuk aljabar tersebut, selanjutnya
mengikuti pola hukum (d)……………… Untuk memfaktorkan bentuk, ditentukan terlebih dahulu dua bilangan yang jumlahnya sama dengan (e)……………. Dan hasil kalinya sama dengan (f)………….
Kunci Jawaban :
a) Faktor dari bentul aljabar
b) Perkalian
c) FPB
d) distibutif
|
e) b
f) ac
|
Penilaian tugas kelompok
No.
|
Afektif
|
Kualitatif
|
Keterangan
| |||
A
|
B
|
C
|
D
| |||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Bekerja sama
Komunikasi tulisan
Komunikasi lisan
Bertanggung jawab terhadap tugas
Kedisiplinan
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
|
Penilaian afektif :
A = sangat baik
B = baik
C = cukup
D = kurang
Mengetahui :
Dosen Pembimbing,
----------------------------------
NIP.
|
Praktikan,
Rizal Aries Sandi
NIM. 06410354
|
0 Comment:
Posting Komentar