Sekolah
|
:
|
SMP
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII. 2 / Gasal
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2009/2010
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
:
|
· Menentukan banyaknya pemetaan (fungsi) yang mungkin terbentuk dari dua himpunan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 Menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan dapat menentukan banyaknya pemetaan yang mungkin terbentuk dari dua himpunan
B. Materi Pembelajaran : Relasi dan Fungsi
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Model : Cooperative Learnin
2. Metode : a. ceramah
b. tanya jawab
D. Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Kurikulum
2. Buku-buku matematika
a. Asyono. 2005, Matematika kelas VIII. Jakarta : Bumi Aksara
b. Fahimi, Ahmad. 2005, LKS Matematika 8 A. Purworejo : CV. Mranti Jaya
c. Buku Paket Matematika
d. Buku-buku Matematika yang Relevan
3. Lembar Kerja
E. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1. Kegiatan awal
a. Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok, dengan masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
b. Siswa berkelompok sesuai kelompoknya masing-masing dan menerima lembar kerja
c. Mengingat kembali tentang pengertian relasi dan fungsi, serta cara menyatakan suatu pemetaan (fungsi)
2. Kegiatan inti
a. Guru
menjelaskan dan bertanya jawab dengan siswa tentang menentukan
banyaknya pemetaan (fungsi) yang mungkin terbentuk dari dua himpunan
b. Siswa mengerjakan lembar kerja.
c. Siswa dan Guru membahas hasil lembar kerja.
3. Kegiatan akhir
a. Siswa mengumpulkan lembar kerja
b. Guru
dan siswa menarik kesimpulan tentang pengertian relasi dan fungsi,
cara-cara menyatakan suatu pemetaan (fungsi) serta syarat-syarat untuk
menentukan banyaknya pemetaan (fungsi) yang mungkin terbentuk dari dua
himpunan
c. Guru memberikan tugas rumah (PR)
|
10 menit
10 menit
25 menit
15 menit
10 menit
10 menit
|
F. Penilaian
1. Jenis tagihan : Tugas Kelompok
2. Bentuk instrument : Tes tertulis
Mengetahui :
Guru Pembimbing,
________________________
NIP.
|
Praktikan,
Rizal Aries Sandi
NIM. 06410354
|
0 Comment:
Posting Komentar