About


6 Mei 2012

Drs. S u r a d i, MS.
Jurusan Matematika, FMIPA UNM.
Abstrak
Artikel ini menyajikan pemanfaatan peta konsep dalam menyelesaikan soal pembuktian pada teori grup, dan merupakan alternatif yang dapat digunakan mahasiswa sebagai langkah awal dalam menyelesaiakan soal pembuktian pada mata kuliah struktur aljabar. Peta konsep yang dimaksud dalam hal ini adalah skema yang digunakan untuk menyatakan hubungan bermakna antara yang diketahui dalam soal dengan konsep yang akan digunakan untuk membuktikan soal tersebut.
Kata Kunci: Peta Konsep, Teori Grup, Pembuktian.
PENDAHULUAN
Mata kuliah struktur aljabar merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan pada program strata-1 (S1) pendidikan matematika. Pemberian mata kuliah tersebut dimaksudkan agar mahasiswa memahami beberapa struktur dalam aljabar, dan dapat menerapkannya untuk menyelesaikan masalah yang sederhana dalam aljabar, serta mampu berpikir logis dan bernalar secara matematika dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan demikian, mata kuliah struktur aljabar sangat penting untuk dikuasai mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya nalar yang deduktif, logis dan sistematis.
Mata kuliah struktur aljabar sebagai bagian dari aljabar modern merupakan mata kuliah dengan struktur deduktif aksiomatis yang ketat. Sebagaimana yang dikemukakan Birkhoff (1941: v) “the most striking characteristics of modern algebra is the deduction of theoritical properties of such formal systems as groups, rings, fields, and vector spaces”. Untuk itu, struktur aljabar sarat dengan definisi dan teorema sehingga mahasiswa dalam mempelajarinya dituntut kemampuan untuk membuktikan teorema, dan dapat memanfaatkan definisi dan teorema-teorema yang ada dalam menyelesaikan soal-soal yang pada umumnya berbentuk pembuktian. Kromodihardjo (1990: 11.1) menegaskan bahwa pada mata kuliah struktur aljabar kita tidak melakukan perhitungan, tetapi hanya belajar konsep.


Untuk lebih lengkap klik disini : Peta Konsep
Source : Peta Konsep

0 Comment:

Posting Komentar