About


27 September 2012

Pojok Beteng Yogyakarta INDONESIA


Sudut-sudut benteng Kraton Yogyakarta memiliki bentuk visual yang unik dan menarik yang tentunya tidak akan dijumpai di kota lainnya. Sudut-sudut benteng ini biasa disebut bastion atau pojok beteng atau disingkat jokteng oleh masyarakat Yogyakarta. Disebut Beteng dan bukan benteng karena masyarakat Yogyakarta yang suka mempersingkat kata.Benteng dengan sudut-sudut yang unik ini selain memiliki nilai historis juga saat ini menjadi sebuah objek menarik yang menambah kekhasan Yogyakarta sebagai kota budaya.

Terdapat empat pojok  benteng, tetapi saat ini hanya tersisa tiga pojok benteng. Satu pojok benteng yang terletak di sebelah utara-timur Kraton telah hancur akibat serangan pasukan Inggris pada peristiwa "Geger Spei".

Pojok benteng yang masih ada yaitu :
  • Pojok Beteng Wetan atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pojok Beteng Timur. Pojok Beteng Wetan dilengkapi dengan tempat pengintain yang berjumlah tiga, tempat prajurit berjumlah sepuluh buah, dan sebuah gudang yang diduga sebagai gudang mesiu. Pojok Beteng Wetan ini tepatnya berada di sebelah barat perempatan Jl. Brigjend Katamso - Jl. Parangtritis - Jl. May. Jend. Sutoyo - Jl.Kolonel Sugiono.

  • Pojok Beteng Kulon atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pojok Beteng Barat. Disebut demikian karena letak Pojok benteng ini berada di sisi paling barat dan paling selatan dari wilayah Kraton Yogyakarta. Pojok Beteng Kulon dilengkapi dengan tempat pengintaian yang jumlahnya ada tiga buah dan tempat prajurit sebanyak sepuluh buah. Tetapi Pojok Beteng Kulon tidak dilengkapi dengan ruangan yang berfungsi sebagai gudang mesiu. Posisi Pojok Beteng Kulon tepatnya berada di sisi timur perempatan Jl. Wachid Hasyim - Jl. Bantul - Jl. Sugeng Jeroni - Jl.Let Jend MT Haryono.

  • Pojok Beteng Lor atau Pojok Beteng Utara. 
 
Source : Jokteng 

0 Comment:

Posting Komentar