About


27 September 2012

Gembira Loka Jl. Kebun Raya No.2 Yogyakarta 55171, Indonesia


Gembira Loka berarti tempat bersenang-senang. Ide pertama kali muncul pada tahun 1933, namun banyaknya kendala, realisasi pembangunan Gembira Loka baru di mulai pada tahun 1953. Adalah Yayasan Kebun Raya dan Gembira Loka yang bertugas merealisasikannya. Peletakan batu pertama di lakukan pada tahun 1955 oleh Sri Paku Alam VIII, kemudian pembangunan terus berlangsung hingga tahun 1975. Pada tahun itu juga Gembira Loka dinyatakan mandiri.
Dalam usaha untuk mengembangkan Gembira Loka Zoo sebagai lembaga konservasi yang lebih kompetitif dalam hal pelestarian lingkungan dan satwa sesuai tuntutan jaman, Yayasan Gembira Loka Yogyakarta menggandeng PT. Buana Alam Tirta sebagai mitra untuk menangani manajemen Gembira Loka Zoo.
Museum sekaligus Kebun Binatang ini merupakan salah satu museum di Yogyakarta yang koleksinya paling lengkap. Berbagai jenis tubuh-tumbuhan dan hewan baik yang hidup dan mati terdapat di museum ini. Jumlah koleksi tumbuhan di museum ini kurang lebih 60 spesies tanaman langka seperti miri hutan, kepel, randu alas, keben, siperes, dan lain-lain. Sedangkan spesies hewan yang ada sekitar 311 jenis seperti harimau, kida nil, jerapah, anoa, gajah, buaya, dan lain-lain.
Gembira Loka buka setiap hari mulai pukul 07.30 - 17.30 WIB. Harga tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp 15.000  dan Rp 20.000 pada hari libur dan cuti bersama.

Akses menuju Gembira Loka sangatlah mudah. Kebun Binatang ini berada di tengah kota. Lokasinya yang sangat dekat dengan Balai Kota Yogyakarta memudahkan untuk mencari lokasi ini. Akses jalan juga sangat mendukung karena dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat atau dengan kendaraan umum seperti Bus Trans jogja.

Source : Gembira Loka

0 Comment:

Posting Komentar