About


27 September 2012

Gua jepang Dusun Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Sleman Yogyakarta.



angan pernah membayangkan di dalam gua peninggalan bala tentara Jepang ini kotor, becek, licin, berlumut serta ditumbuhi rumput-rumput liar. Gua Jepang ini telah dibangun sebelum tahun 1945 yang lokasinya berada di Dusun Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Sleman Yogyakarta.


Jalan menuju ke dalam gua keriung serta tidak licin, langit-langit maupun dindingnya tidak berlumut. Pintu masuk kedalam gua juga terlihat bersih dari rumput-rumput liar. Sehingga, tidak ada lagi alasan yang membuat pengunjung ragu akan gua yang satu ini.

Gua ini memiliki 4 pintu masuk. Tiap pintu masuk mempunyai tekstur dan relief yang beda. keunikan setiap pintu akan menghasilkan gambar yang artistik tersendiri pada kamera bila Anda mengabadikan gambar. 
 
Begitu masuk kedalam pintu gua, maka akan terdapat lorong yang terhubung satu sama lain. Karena itu, gua ini sering digunakan oleh anak-anak yang tempat tinggalnya berada disekitar gua, untuk bermain petak umpet. Anak-anak sudah mengenalk benar lorong-lorong jalan di gua tersebut.

Konon, gua ini dibuat oleh tentara Jepang unutk menyimpan amunisi. Di dalam gua ini masih terlihat lubang bentukan yang hingga kini sudah ditutup semen dan besi sebagai landasan meletakkan bom. Kini, bom-bom yang pernah disimpan didalam gua tersebut sudah tidak ada lagi. Menurut Jasmin, yang merupakan juru kunci gua tersebut, bom-bom tersebut dikeluarkan pad tahun 1947. 
 
Source : Goa Jepang

0 Comment:

Posting Komentar