About


27 September 2012

Istana Air Tamansari Jl. Taman, Kraton Yogyakarta INDONESIA 55133

Pada mulanya Tamansari adalah taman air yang indah dan menawan yang kadang disebut juga sebagai Segaran (dalam bahasa Jawa berarti laut buatan). Dahulu kala, setiap kali Sultan mengunjungi taman tersebut, beliau akan mendayung perahu pribadinya melewati jembatan gantung yang disebut �Kreteg Gantung' yang terletak di depan gerbang Kraton, ke arah selatan atau utara Kemandungan. Bagian lain dari bangunan yang dulu terhubung dengan jembatan gantung masih dapat dilihat.

Pada bagian dalam taman ini selain terdapat transportasi air terdapat juga jalan bawah tanah atau terowongan dari Kraton Yogyakarta yang menuju salah satu bangunan di taman yang disebut Pasarean Ledoksari, yakni tempat peraduan dan tempat pribadi Sultan. Juga terdapat Sumur Gumuling, yaitu bangunan bertingkat dua dengan lantai bagian bawahnya terletak di bawah tanah.
Di masa lampau, bangunan ini merupakan semacam surau tempat Sultan melakukan Sholat yang dapat dicapai melalui salah satu lorong bawah tanah yang ada di kompleks taman. Selain itu, masih banyak terdapat lorong bawah tanah, yang dulunya dipakai sebagai jalan penyelamatan bilamana sewaktu-waktu kompleks ini mendapat serangan musuh.

Di salah satu bagian ada bagian yang disebut Pulau Kenanga karena di halaman depan gedung tumbuh pohon Kenanga (Canangium Odoratum. Bunga Kenanga menyebarkan bau yang harum ke seluruh bagian taman.
SEJARAH
Konon taman yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1757 ini merupakan hasil karya bergaya arsitektur baru yang merupakan campuran gaya Jawa dan Portugis.

JAM BUKA
Buka setiap hari dari pukul 09.00-15.30 WIB
TIKET MASUK
Domestik         : Rp 2.500,00
Mancanegara   : Rp 5.000,00
KEGIATAN
Setelah selesai dipugar, Taman Sari akan disediakan untuk umum yang ingin melakukan kegiatan-kegiatan khususnya yang berhubungan dengan kebudayaan, walaupun tidak menolak kemungkinan untuk dipergunakan sebagai tempat untuk acara lain misalnya pesta.
FASILITAS :
- Tempat parker
- Pemandu wisata berlisensi
TIP & TRIK
Ketika anda berada di Tamansari, sepeda adalah alat transportasi yang paling tepat untuk anda yang ingin berkekeliling daerah sekitar Taman Sari. Hara sewanya sekitarRp 5.000,00 per jam untuk menyewa sebuah sepeda, tetapi kondisi sepeda tidak cukup bagus dan berkewajiban untuk mengganti jika ada kerusakan ataupun kehilangan sewaktu disewakan. 

Source : Taman Sari

0 Comment:

Posting Komentar